Selasa, 14 Desember 2010

Cara pembuatan kaki cartoon

Setelah  kita membahas tentang pengatar animasi 3D menggunakan software 3D Studio Max,saya akan membahas cara pembuatan karakter kaki cartoon menggunakan 3D Studio Max,belum itu kita akan membahas perbedaan software 3D Studio Max dengan software aminasi 3D lainnya..ayo langsung saja..

Beberapa keunggulan dan features yang bisa kita peroleh dari sofware 3ds max ini adalah :

Keunggulan dan Feature ke 1
Feature untuk membuat
model organic dan unorganic. Model organic dapat berupa karakter model makhluk hidup nyata . Dan model makhluk hidup yang tidak nyata (khayalan) seperti monster, peri, dan lain-lain. Model unorganic dapat berupa model objek-objek benda mati seperti mesin, bangunan, mobil, sepeda motor, furniture, dan lain-lain.
Pada 3ds max feature yang digunakan untuk membuat model organic umumnya dengan menggunakan teknik Polygonal modeling dan NURBS modeling. Teknik Polygonal modeling adalah teknik membuat model dengan memakai objek-objek geometry dasar yang kemudian dikembangkan menjadi objek model yang lebih kompleks. Umumnya memakai bentuk objek geometry box (kotak) yang kemudian dihaluskan lagi permukaannya (smooth). Sedangkan teknik NURBS modeling adalah teknik membuat model dengan memakai garis-garis yang dibuat seperti rangka objek yang diinginkan kemudian diberi surface (bentuk permukaan).
Model unorganic umumnya dibuat dengan menggunakan teknik Compound modeling dan Spline modeling (dapat juga dengan menggunakan teknik Polygonal Modeling). Teknik Compound modeling adalah teknik membuat model dengan mengkombinasikan (menggabungkan, memotong atau mengambil perpotongan) antar bentuk objek-objek geometry. Sedangkan teknik Spline modeling adalah teknik membuat model dengan membuat bentuk objek 2d-nya terlebih dahulu yang kemudian “ditransfer” menjadi bentuk 3d dengan memberikan ketebalan pada objek 2d tersebut. 


Keunggulan dan Feature ke 2
Feature untuk memberikan rangka pada objek karakter 3d yang telah kita buat, sehingga karakter 3d tersebut dapat bergerak seperti layaknya manusia. Ada 2 teknik yang dapat dilakukan, yaitu dengan teknik Bone dan teknik Biped. Teknik Bone adalah dengan membuat tulang secara satu persatu yang kemudian dilink-kan antar masing-masing tulang yang saling berhubungan, misalnya tulang tangan dihubungkan ke tulang bahu. Sedangkan teknik Biped memungkinkan kita untuk membuat tulang yang telah terintegrasi menjadi satu kesatuan rangka yang utuh. Sehingga kita tidak perlu lagi me-link-kan tulang secara satu-persatu.

Keunggulan dan Feature ke 3
Feature membuat texture real dan texture cartoon (kartun). Objek 3d yang dibuat dapat diberikan texture yang realistic sehingga terlihat seperti nyata, atau berupa texture cartoon. Texture real adalah memberikan texture yang sebenarnya sesuai dengan sifat dan karakteristik permukaan suatu objek atau benda, sehingga akan diperoleh hasil yang tampak asli dan nyata. Feature yang digunakan dengan menggunakan material standard. Sedangkan texture cartoon adalah memberikan texture seperti kartun, yang warnanya cerah dan terang. Feature yang digunakan adalah material Ink’npaint

Keunggulan dan Feature ke 4
Feature membuat efek-efek api, asap (fire effect), kabut (fog), pendar cahaya (volume light), dan lain-lain. Efek-efek ini dapat diterapkan dengan memakai feature effect dan environment effect

Keunggulan dan Feature ke 5
Feature membuat efek-efek yang terjadi bila mata/kamera melihat objek bergerak, misalnya efek motion blur dan depth of field (dof). Efek motion blur adalah efek bagaimana mata kita atau mata/lensa kamera menangkap gambar objek yang bergerak yang memperliatkan bias (blur) pergerakannya. Depth of field (dof) adalah efek bagaimana bila mata kita atau mata/lensa kamera focus melihat satu objek, maka objek-objek disekitarnya pasti akan menjadi tidak focus (blur). Pemberian efek-efek ini tentu akan memberikan kesan yang semakin tampak realistic

Keunggulan dan Feature ke 6
Feature untuk membuat efek-efek sinar, cahaya. Efek-efek tersebut dapat berupa cahaya matahari, sunset, dan lain-lain, yang tentunya akan semakin memperkaya dan mempercantik design 3d yang kita buat. Untuk membuatnya kita dapat memakai feature effect yang terdapat pada software
3ds max.

Keunggulan dan Feature ke 7
Feature untuk membuat objek-objek bulu, rumput, rambut, dan lain-lain. Objek-objek ini memerlukan feature aplikasi khusus yaitu feature Hair & Fur. Dengan adanya opsi ini kita akan mudah untuk membuat beragam jenis dan style rambut, bulu ataupun rumput

Keunggulan dan Feature ke 8
Feature untuk membuat objek kain atau baju. Features yang digunakan adalah Cloth Simulation. Dengan feature ini kita dapat membuat kain atau baju dengan lebih natural dan realistic, menyerupai dengan sifat baju/kain seperti dalam kondisi real/nyata



Keunggulan dan Feature ke 9
Feature untuk membuat objek-objek liquid/cairan. Aplikasinya banyak ditujukan untuk membuat environment, seperti environment (panorama) di sungai, laut, kolam, dan lain-lain. Sama halnya seperti pembuatan objek bulu, objek liquid memerlukan tingkat kekompleksan yang sangat khusus, karena object ini sangat berat “dibaca” oleh komputer, apalagi bila tingkat akurasi liquid-nya tinggi. Feature yang dipergunakan adalah Meta Particle dan BlobMesh.

Keunggulan dan Feature ke 10
Feature untuk membuat cahaya yang realistic. Cahaya yang tampak realistic adalah cahaya yang memantul dan menyebar kesegala arah, sesuai dengan arah pantulan objeknya. Feature yang dipakai adalah Global Illumination dengan beragam teknik, seperti Light Tracer, Radiosity atau MentalRay

Keunggulan dan Feature ke 11
Feature untuk membuat
Animasi dynamics. Banyak diaplikasikan untuk membuat animasi objek-objek yang saling bertubrukan/tabrakan, berbenturan, pecah, dan lain-lain. Tidak hanya dapat diterapkan untuk benda-benda (objek) solid/keras (rigid), tetai dapat juga diterapkan untuk benda-benda lunak (soft), kain (cloth), tali (rope), dan lainnya.


nah kita saatnya membuat modeling karakter 3D(3d character modeling),kita akan memfokuskan yaitu pembuatan kaki character cartoon.dengan menggunakan teknik Polygon Modeling kita akan membuat kaki cartoon yaitu : membuat objek baru dengan objek dasarnya adalah Box(kotak).prinsipnya sama seperti memahat sebuah patung dari sebuah batu,bedanya disini kita membuatnya secara digital

cara / langkah - langkahnya :

1.kita buat sebuah box dengan komposisi seperti gambar di bawah ini.


2.Pada Tab Modify,atur dengan parameter Length : 40,Width :100, Height : 35



3. Masih di Tab Modify, klik kanan pada object box lalu pilih editable Poly.

4. Buka Tanda plus berwarna hitam di sebelah tulisam editable Poly,pilih vertex


5. Pilih Viewport Front / Viewport.Ubah posisi vertex - vertexnya seperti tampak pada gambar dibawah ini.


6. Atur juga posisi Vertex - vertex sudut lainya seperti gambar di bawah ini


7. Pilih opsi Edge


8. Pilih garis dibagian tengah,seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini :



9. Pada edit Edges,klik kotak kecil disamping tombol Connect


10.  lalu akan muncul connect Edges, di Connect Edge Segments  : 1 dan klik tombol OK.


11.maka akan tampil garis baru seperti gambar di bawah ini 


12. Pilih opsi Vertex dan atur object Box menjadi seperti tampak pada gambar


13. Pilih garis - garis seperti terlihat pada gambar 


14. Lakukan pilihan Connect kembali dengan nilai 1


15. Atur Vertex - vertex Box menjadi seperti berikut :


16. Buat kembali garis baru dengan posisi seperti terlihat pada gambar


17. Pilih Vertex - vertex seperti tampak pada gambar


18. Pada menu button yaitu Select and Scale


19. Geser sehingga bentuknya menjadi seperti di bawah ini


20, Atur bentuk object seperti pada gambar dibwah ini


22. di perlukan kreasi dan "feeling" anda terhadap komposisi bentuk untuk mendapat hasil akhir yang baik dan ideal. anda perlu melakukan proses latihan yang terus menerus supaya hasilnya lebih baik.



23. Setelah diutak - atik Vertex - vertex kanan- kiri, depan - belakang(tweaking),tambahkan Modifier Meshsmooth pada object boxt tersebut dan  di hasilkan sebuah  bentuk seperti gambar di bawah ini 


24. Tambahkan dengan pencahayaan Skylight & Light Tracer,Lalu lakukan Render..maka hasilnya seperti dibawah ini


demikianlah cara pembuatan charakter kaki cartoon...

SUMBER : http://www.scribd.com/doc/43393729/Membuat-Background-Di-3dsMAX. N http://www.ilmugrafis.com/3dmax-studio.php?page=modeling-kaki-cartoon


Tidak ada komentar: