Kamis, 19 Mei 2011

BAB 1 PERUMAHAN SEVILLA


BAB I

PENDAHULUAN



1.1.           Latar Belakang Masalah.

Perkembangan teknologi informasi semakin berkembang dengan sangat pesat. Ini semua terjadi di segala  bidang, mulai dari kedokteran, militer, pendidikan, dan juga bidang property khususnya perumahan.
Dunia bisnis properti khususnya perumahan menunjukkan kemajuan yang sangat bagus.Informasi tentang perumahan tersebut bisa didapatkan bila masyarakat datang ke kantor pemasaran tersebut atau melalui pameran – pameran yang belum tentu diadakan 1 bulan sekali. Biasanya kita lakukan dengan datang langsung ke tempat perumahan tersebut dan melakukan penawaran (bargain),hal ini kurang efektif dan efisien karena harus menyediakan waktu untuk melihat  lokasi perumahan tersebut.Belum lagi apabila kurang cocok dengan lokasi,harga, spesifikasi bangunan dan model rumah yang ada.maka akan sia-sia waktu yang telah dituangkan untuk mendapatkan informasi perumahan tersebut.maka penulis mencoba membuat aplikasi web perumahan yang berlokasi di BSD City Tangerang.
Bumi Serpong Damai (BSD) atau BSD City adalah salah satu kota terencana paling ambisius di Indonesia yang terletak di kecamatan Serpong, Tangerang Selatan. Kota ini diresmikan pada 16 Januari 1984. BSD City merupakan salah satu kota satelit dari Jakarta yang pada awalnya ditujukan untuk menjadi kota mandiri, dimana semua fasilitas disediakan di kota tersebut termasuk kawasan industri, perkantoran, perdagangan, pendidikan, wisata, sekaligus perumahan. Perencananya adalah Pasific Consultant International, Japan City Planning Inc, Nihon Architect Engineer and Consultant Inc, dan Doxiadis; dan pembangunnya adalah kelompok Sinar Mas. Saat ini nama 'BSD' tidak mengacu ke sebuah singkatan, tapi lebih berupa kata yang berdiri sendiri. Kelompok Sinar Mas lebih mempopulerkan nama BSD City sebagai pembeda dari developer sebelumnya, dan juga menambahkan slogan "Big City. Big Opportunity" untuk mempromosikan BSD City. Pada tahun 2005 kota ini telah memiliki 100.000 penduduk.
BSD City merupakan proyek kota terencana dengan total luas lahan terbesar di Indonesia, yaitu sebesar 6.000 hektar. Dalam total luas lahan yang maha luas ini, BSD City membagi tiga tahap pembangunan dari total luas lahan yang direncanakan. Tahap awal seluas 1.300 hektare. Tahap kedua akan dikembangkan seluas 2.400 hektare dan sisanya seluas 2.300 hektare. BSD City memiliki beberapa daerah komersil seperti : pusat perbelanjaan seperti BSD Plaza, ITC BSD, BSD Junction, Giant Hypermarket BSD, dan Teraskota. Di sini juga beberapa tempat rekreasi menarik seperti OceanPark Water Adventure seluas 7,5 hektare yang merupakan salah satu Thematic Waterpark terbesar di Asia Tenggara. BSD City memiliki  Residential diantaranya : the  park, the caspia, the Icon, Foresta, Green Cove, De Latinos, Sevilla, Virginia Lagoon, Virginia Minimalist, the Green, Taman Tirta Golf, Provence Parkland, Vermont, The Castille, Neo Catalonia, dan Pavillion Residen.
 Perumahan Sevilla memiliki unit – unit rumah yaitu Tipe Alcazar A, Alcazar B, Tipe Bellas Artes A, Bellas Artes B, Constantina A, Constantina B, Carmona A, dan Carmona B. Dengan seperti ini, maka BSD City membutuhkan sebuah system untuk menjalankan semuanya dan dibuat sebuah wadah untuk bisa memberikan  informasi yang jelas kepada investor,yaitu dengan melalui dunia maya atau Cyber World  
Penulis mencoba membuat website Perumahan Sevilla yang berlokasi di BSD City Tangerang,Banten. Website tersebut berfungsi untuk menyajikan semua informasi mengenai Perumahan Sevilla yang berlokasi di BSD City yang dibuat melalui teks,dan gambar – gambar dengan menggunakan aplikasi Macromedia dreamweaver 8, serta animasi model rumah dan audio menggunakan Macromedia flash 8. Dengan adanya website tentang perumahan ini, diharapkan dapat menarik minat masyarakat untuk menambah informasi yag sebelumnya sudah didapat baik melalui surat kabar,masyarakat atau brosur.

1.2. Batasan Masalah
Pada Penulisan Ilmiah ini, Penulis membatasi pembahasan yaitu : membahas tentang informasi dan website sebagai sarana untuk mempromosikan badan usaha,yaitu Perumahan Sevilla,BSD City Tangerang yang mempermudah calon pembeli.Website yang akan digunakan dan dikembangkan penulis meliputi :halaman Home, halaman Type, halaman Spesifikasi, halaman harga, halaman booking,dan halaman contact. Penulis juga membahas sedikit tentang internet,PHP dan MYSQL secara garis besar sebagai dasar dari program yang digunakan.


1.3. Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan ini adalah Sebagai berikut :
Bagi Penulis :
            Tugas untuk menyelesaikan jenjang strata sarjana muda yaitu Penulisan Ilmiah.
Bagi Universitas :
Sebagi ajang pembelajaran bagi akademik universitas gunadarma yang ingin membuat website animasi.
Bagi Perusahaan
untuk membantu Perumahan Sevilla sebagai ajang promosi tentang kegiatan dan jenis usaha perusahaan tersebut. Promosi tidak lagi hanya melalui relasi – relasi, namun dapat pula dilakukan dengan cara lebih mudah dan efisien, karena informasi tersebut dapat diakses melalui internet oleh semua pihak yang membutuhkan rumah tinggal baru.

1.4. Metode Penelitian
Dalam penulisan diperlukan metode-metode dan prosedur yang menjelaskan cara pelaksanaan dan pembuatannya. Pada kesempatan ini penulis menggunakan metode gabungan antara:
1. Studi lapangan atau observasi
Penulis melakukan wawancara ke pihak perumahan tersebutuntuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan
2. Studi pustaka 
Dengan cara mempelajari buku-buku tentang web dan animasi, memahami literatur-literatur yang berhubungan dengan pembahasan dalam penulisan ini, dan mengambil materi berupa e-book yang berasal dari internet

1.5. Sistematika Penulisan
Agar lebih memudahkan dalam memahami Penulisan Ilmiah ini, maka Penulis membagi penulisan ini dalam 4 bab, keempat bab tersebut adalah :
Bab I menjelaskan secara singkat tentang latar belakang masalah, batasan masalah, tujuan penelitian, metode penelitian dan sistematika penulisan.
Bab II memberikan penjelasan mengenai Internet, HTML, Struktur Navigasi, PHP, MySQL, Macromedia Flash 8 dan Storyboard.
Bab III menjelaskan tentang struktur navigasi, hal – hal yang berhubungan dengan proses pembuatan web Perumahan Sevilla dengan menggunakan Dreamweaver, PHP, Mysql sebagai databasenya,  sebagai animasi dan sebagi audio memakai macromedia Flash
Bab IV menguraikan kesimpulan dan saran-saran, serta tidak lupa melampirkan gambar dan lampiran – lampiran lainnya.

Tidak ada komentar: