Jumat, 20 Mei 2011

gAMBARAN UMUM GAME BINGO MEMAKAI J2ME


Permaina n Bingo ini dirancang agar dapat dimainkan pada berbagai macam peralatan mobile dengan tampilan yang sama walaupun mempunyaiperbedaan resolusi layar. Hal ini dikarenakan terdapat algoritma penyesuaian
penggambaran permainan dengan resolusi layar. Maka tampilan permainan Bingo akan selalu sama walaupun pada resolusi layar yang berbeda.
Aplikasi Bingo mempunyai empat tahap utama dalam proses pembuatannya. Tahap pertama adalah pendefinisian kebutuhan. Pada tahap inipenulis melakukan inventarisasi terhadap elemen apa saja yang akan dimasukkan dalam program simulasi permainan ini. Pada tahap ini terjadi pemilihan algoritma,pemilihan metoda pengkodean, dan gambaran kasar aplikasi permainan ini.
Tahap yang kedua adalah tahap perancangan antarmuka. Pada tahap ini
dilakukan perancangan antarmuka grafis untuk pengguna permainan ini. Pada
tahap perancangan antarmuka ini dilibatkan sedikit penggunaan alat bantupembuatan citra selain penggunaan bahasa pemrograman sebagai alat utama.
Tahap ketiga adalah tahap pengkodean aplikasi. Pada tahap ini, semuaelemen yang berada pada daftar kebutuhan yang ada pada tahap pertama dimasukkan secara kode kedalam program. Semua fungsi pendukung aplikasipermainan seperti jaringan dan antarmuka grafis mengalami pengintegrasian ke dalam sebuah rangkaian kode program yang utuh. Pada akhir tahap ini dilakukansebuah pengujian skala kecil terhadap keseluruhan kode dalam bentuk ujikompilasi. Hasil ujian kondisional ini akan menentukan apakah aplikasi dapat dilanjutkan ke tahap berikutnya atau harus di tulis ulang agar lolos uji kompilasi.
18

Tahap keempat atau yang terakhir adalah tahap pengujian program secararuntime atau nyata. Tahap ini dilakukan secara berulang terhadap program yang lolos uji kompilasi dengan berbagai macam kondisi yang mungkin terjadi gunamelihat kinerja aplikasi, menguji integrasi aplikasi dengan bermacam hand phone, menguji algoritma permainan, dan mengetahui apakah antarmuka grafis yang digunakan cocok dengan tujuan diciptakannya permainan ini. Tahap pengujian akhir untuk aplikasi ini untuk sementara tidak melakukan uji optimasi penggunaan memori terhadap program.

Tidak ada komentar: