Jumat, 06 Mei 2011

Spaceship Game menggunakan Flash


Pada game ini terdapat tiga buah objek, yaitu spaceship, asteroid dan UFO. Tujuan dari game ini adalah menghancurkan asteroid dan UFO hingga habis dimana spaceship tidak boleh menyentuh asteroid dan UFO tersebut. Spaceship yang digambarkan dengan sebuah manuver pesawat yang berbentuk segitiga menunjukkan arah untuk menembak asteroid dan UFO dengan menggunakan senjata yang telah disediakan. Asteroid besar akan memecah menjadi asteroid yang berukuran lebih kecil, dimana perubahannya mulai dari asteroid besar menjadi asteroid sedang lalu asteroid kecil. Satu asteroid besar memecah menjadi dua buah asteroid sedang dan satu asteroid sedang memecah lagi menjadi dua buah asteroid kecil. Peningkatan level terjadi jika pemain telah menghabiskan semua asteroid dan UFO yang ada. Banyaknya asteroid dan skor yang diberikan untuk tiap level pun berbeda. Pada level satu, asteroid besar yang akan muncul berjumlah tiga buah. Skor yang diberikan untuk asteroid besar dan asteroid sedang adalah satu, sedangkan untuk asteroid kecil diberi skor lima. Pada level dua terjadi penambahan banyaknya asteroid menjadi empat buah. Skor yang diberikan pun bertambah, yaitu dua kali dari nilai yang diberikan di level satu. Asteroid besar dan asteroid sedang diberi skor dua, sedangkan asteroid kecil diberi skor lima. Jadi untuk level selanjutnya asteroid yang akan muncul adalah jumlah asteroid pada level sebelumnya ditambah satu. Sedangkan skor yang diberikan untuk level selanjutnya sesuai dengan level yang sedang dimainkan yaitu skor awal dikalikan dengan level pada saat itu, dimana skor awal untuk asteroid besar dan asteroid sedang adalah satu dan untuk asteroid kecil skornya lima.
UFO akan muncul pada level empat, lima, dan seterusnya hingga level dua puluh lima. Penghitungan skor UFO tergantung dengan skor terakhir dan level yang sedang dimainkan. Skor yang akan diberikan adalah 100 dikalikan dengan level pada saat itu dan ditambah dengan skor terakhir (skor sebelum menembak 
27 UFO). Dengan menembak UFO, spaceship juga dapat menambah nyawanya, dimana nyawa awal yang diberikan adalah tiga. Penambahan nyawa didapat jika skor spaceship telah melebihi 2000, maka nyawa spaceship bertambah satu dari nyawa yang ada sebelumnya. Spaceship bisa mendapatkan nyawa tambahan lagi jika skor yang telah diperoleh telah memenuhi perhitungan untuk penambahan nyawa setelah skor 2000. Nyawa spaceship akan berkurang satu jika spaceship menyentuh asteroid atau UFO. UFO yang muncul diatur dengan waktu sehingga pemain harus cepat menembak UFO, jika tidak maka UFO akan menghilang.
Waktu tersebut juga mengatur banyaknya UFO yang akan muncul.Pergerakan spaceship diatur dengan menggunakan tombol (keypad) ponsel, dimana tombol 2 atau navigator atas untuk bergerak maju, tombol 5 atau navigator tengah untuk mengeluarkan tembakan, tombol 4 atau navigator kiri untuk pergerakan ke kiri, dan tombol 6 atau navigator kanan untuk pergerakan ke kanan. 

Tidak ada komentar: